Sunday, April 1, 2018

Tips Liburan Hemat | Eps. On Trip

Lanjutan dari perbincangan kemarin masih di topik gimana biar liburan hemat, kalau kemarin meng-hemat biaya waktu merencanakan liburan, kalau sekarang ketika liburan. Nah yang belum baca tentang Eps. Merencanakan Liburan, klik disini ya :)

Apa aja yang bisa kita hemat waktu lagi liburan?

Jangan mikir yang jeleknya dulu kalau liburan hemat gak asik, kenyataannya liburannya makin asik karena tabungan yang terkuras lebih sedikit jadi bisa buat budget jalan - jalan selanjutnya. Tanpa beban kan liburannya, hehehehe.

Berikut hal kecil yang sering diabaikan tapi sebenernya dampak banget buat ngirit budget liburan. Seperti :

1. Bijak dalam memilih transportasi 
Kalau di negara yang sudah ada MRT dan jalanan-nya ramah untuk pedestrian, aku jarang sekali naik taxi kalau gak terpaksa. Kebiasaan juga jalan kaki untuk jarak yang gak terlalu jauh toh kalau di luar trotoar buat pejalan kaki itu nyaman dan bisa sambil cari spot foto.

Kecuali kalau memang tidak ada moda transportasi umum yang bisa diakses, baru deh cari taxi online atau taxi conventional.

Karena taxi di luar negeri itu terbilang mahal dan juga takutnya di bawa jalan muter - muter jadi argonya naik jauh. Nah malah jadi keluar banyak biaya kan.

Bonus kalau jalan kaki bisa sambil foto - foto spot menarik gitu. Lucu ya warna warni sama tante - tante nya vintage banget hehehhe
2. Menikmati kehidupan local
Berkunjung ke negeri orang pastinya lebih menarik kalau bisa ngerasain kehidupan local sana, mulai dari kulinernya. Untuk kuliner aku lebih suka makan di restoran local karena selain harganya murah juga rasanya lebih rasa lokal jadi nyobain yang rasa originalnya. Terus aku lebih suka makan di tempat yang memang sudah ada pricelistnya di menu biar gak di ketok harga atau resto yang memang sudah banyak di recommend orang jadi sudah tau kisaran harganya.

Nah kalau misalnya pengen coba resto yang menu-nya menggiurkan banget tapi gak ada price-tag nya juga gak ketemu review-nya di Mbah Google, tanya dulu aja harganya. Gak usah malu, karena kita kan emang mau tau harganya bukan mau nyuri, abis makan juga bayar kan. Hehehehe.

Seperti ini Tian Tian Hainan Chicken Rice yang enak di Maxwell Singapore cuman SGD 4 aja
Ini juga waktu di Kuching Kolo Mee nya enak banget dan murah juga bersih
3. Jangan ja-im
Salah satu bagian travel yang gue suka itu berinteraksi sama local, karena bisa belajar banyak. Jadi jangan ja-im alias jaga image dan malu - malu kucing, inget malu bertanya sesat di jalan.

Kalau memang butuh bertanya, tanyalah sama orang sekitar yang kelihatannya ramah dan tidak sedang sibuk. Misalnya mau makan siang nih tapi yang ada cuman toko pizza yang mahal, boleh dong tanya orang sekitar dimana ada pusat makanan atau recommend makanan local apa. Pasti si local lebih jelas.

Atau biasanya boleh juga nanya ke receiptionist atau pusat informasi yang ada di stasiun MRT atau pusat - pusat wisata.

Nah ini Taiwan Porridge gitu waktu di Kuching, gak ada harganya tapi rame pengen coba pas tanya ternyata murah meriah

4. Tidak melulu soal oleh - oleh 
Jangan lupa oleh - oleh gue ya! Jangan lupa bawain makanan ya! Wah awas loe gak bawain gue apa - apa!
Pasti kalian ngalamin kan dihujani kalimat itu ketika teman - teman kalian tau kalian akan pergi liburan. Tenang guys! Kalimat itu tidak selalu harus ditanggapi dan dibawakan cenderamata. Toh tidak ada kewajiban kan kalau pergi harus bawa oleh - oleh, kalau memang ada budget lebih boleh kalian pikirkan tapi kalau memang tidak juga tidak perlu dipaksakan dan jadi beban kalian sendiri.

Kalau memang dia benar - benar teman kalian asal kalian sudah balik dengan selamat pun sudah bahagia gak usah oleh - oleh. Yang namanya hadiah itu berdasarkan yang kasih dong, bukan di-minta - minta.

Malah biasanya yang minta - minta itu akan gue ajari dulu pemikiran tentang yang namanya hadiah terserah yang kasih jangan minta - minta gak mau kan kalau kalian yang pergi kalian di minta - mintain.

Biasakan budaya jangan titip menitip dan minta meminta kepada sang traveller. Sebaliknya juga kalo aku yang ditanyain temen yang lagi jalan - jalan mau titip apa biasanya aku jawabnya gak usah dan kalau memang gak ada yang lagi pengen dititipin yaudah gak usah aja biar si teman bisa travelling nyaman ga kepikiran cariin barang aku. Cieee aku teman yang baik yah hahahhahah

Jadi kalau pas lagi liat oleh - oleh dan memang gak ada yang sreg ya it's okay gak beli apa - apa.

Bagus ya scarf-nya ini di India Town Kuching tapi karena gak perlu ya buat foto aja ya 
Ini oleh - oleh khas India Town Kuching gitu kayak kue lapis tapi banyak warna karena aku gak suka sama yang warna - warna jadi gak beli juga. Kan gak selalu harus beli oleh - oleh khas, kalau emang gak suka ya its okay guys

5. Supermarket
Biasanya aku lebih suka jalan - jalan shopping oleh - oleh makanan gitu di supermarket atau minimarket local ketimbang tempat oleh - oleh. Karena disana bakal ketemu banyak makanan local yang gak ditemukan di tempat oleh - oleh juga harganya pasti dan biasa lebih murah.

Kalau mau beli oleh - oleh makanan gitu disini juga pilihannya.

Juga buat beli air minum nanti di hotel kalau gak cukup. Hehehehe.

Nah kira - kira itu deh yang biasa gue lakukan kalau lagi jalan - jalan lumayan buat ngirit pengeluaran yang gak penting dan bisa di alokasikan lagi budgetnya buat jalan - jalan selanjutnya. Kalau kamu punya tips lain boleh banget saling share jadi kita sama - sama bisa belajar dari pengalaman para traveller biar bisa makin sering jalan - jalan. Horeeee!!!!!!